Syarat, biaya, dan cara membuat SKCK di Polsek Pamulang - Polres Tangerang Selatan

Surat Keterangan Catatan Kepolisian
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) merupakan sebuah surat keterangan resmi yang diterbitkan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kepada pemohon yang merupakan warga masyarakat guna memenuhi permohonan atau keperluan karena ketentuan yang mempersyaratkan, berdasarkan analisa hasil penelitian biodata dan catatan Kepolisian yang ada tentang pemohon.

SKCK hanya bisa dikeluarkan sesuai dengan KTP asal pemohon, dan masa berlaku ditetapkan 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan, apabila masih memerlukan SKCK, yang bersangkutan dapat mengajukan permohonan perpanjangan SKCK dengan memperlihatkan SKCK yang lama untuk dilakukan penelitian sebagaimana mestinya.

Kewenangan penerbitan SKCK

Kewenangan penerbitan SKCK dilakukan pada tingkat POLRI berdasarkan kegunaan SKCK, diantaranya :
  1. Kepolisian Sektor (Polsek)
    Digunakan sebagai kelengkapan dalam memenuhi persyaratan bagi pengguna, antara lain untuk :
    • Menjadi calon pegawai pada lembaga/ perusahaan/badan swasta (karyawan Swasta), dan
    • Melaksanakan suatu kegiatan atau keperluan tertentu dalam lingkup wilayah Polsek, antara lain: pencalonan kepala desa; pencalonan sekretaris desa; pindah alamat; atau melanjutkan sekolah.
  2. Kepolisian Resort (Polres)
    Digunakan sebagai kelengkapan dalam memenuhi persyaratan bagi pengguna, antara lain untuk :
    • pencalonan menjadi anggota legislatif dan pimpinan kepala daerah di tingkat kabupaten/kota (penerbitan SKCK ditandatangani oleh Kapolres);
    • menjadi calon pegawai pada lembaga/badan/instansi pemerintahan dan perusahaan vital yang ditetapkan oleh pemerintah;
    • masuk pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri; atau
    • melaksanakan kegiatan atau keperluan dalam lingkup wilayah Polres, antara lain melengkapi persyaratan pencalonan pejabat publik, persyaratan izin kepemilikan Senjata Api (Senpi) non organik TNI dan Polri, atau melanjutkan sekolah.
  3. Kepolisian Daerah (Polda)
    Pada tinggat Polda secara administratif dilaksanakan oleh Direktorat Intelijen Keamanan (Ditintelkam) Polda, digunakan sebagai kelengkapan persyaratan bagi pengguna, antara lain untuk :
    • untuk pencalonan menjadi anggota legislatif atau pimpinan kepala daerah di tingkat provinsi (Penerbitan SKCK ditandatangani oleh Dirintelkam Polda);
    • memperoleh paspor dan/atau visa;
    • WNI yang akan bekerja di luar negeri; atau
    • melaksanakan kegiatan atau keperluan dalam lingkup wilayah Polda (pencalonan pejabat publik; menjadi notaris; atau melanjutkan sekolah).
  4. Markas Besar (Mabes) Polri
    Digunakan sebagai kelengkapan dalam memenuhi persyaratan bagi pengguna, antara lain untuk :
    • untuk keperluan pencalonan Presiden dan Wakil Presiden (ditandatangani oleh Kabaintelkam Polri atau Wakabaintelkam atas nama Kabaintelkam Polri);
    • kepentingan untuk menjadi pejabat negara pada tingkat pusat (baik dalam legislatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga pemerintah);
    • WNI yang akan ke luar negeri untuk kepentingan sekolah atau kunjungan dan/atau penerbitan visa; atau
    • WNI dan/atau WNA untuk melaksanakan kegiatan atau keperluan dalam lingkup nasional dan/atau internasional (naturalisasi kewarganegaraan, izin tinggal tetap di luar negeri (permanent resident), atau adopsi anak bagi pemohon WNA).

Syarat Pembuatan SKCK

Persyaratan yang wajib anda penuhi tentu saja berkaitan dengan dokumen-dokumen pendukung, berikut persyaratan yang dibutuhkan : (Pasal 10 Perkap No.18 Th 2014)
  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 2 lembar (dengan Menunjukan KTP asli);
  2. Fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP;
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  4. Fotokopi Akta Kelahiran;
  5. Fotokopi Ijazah Terakhir; dan
  6. Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar
    Catatan → latar belakang merah, tampak muka, berpakaian sopan, dan bagi pemohon yang menggunakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh, (digunakan untuk SKCK, Arsip, Buku agenda, Kartu TIK, dan formulir sidik jari).

Cara Membuat SKCK

Jika syarat pembuatan SKCK sudah lengkap, anda secara langsung mendatangi Polsek, Polres, Polda, atau Mabes, sesuai kewenangan penerbitan SKCK yang didasarkan atas kegunaan /tujuan pembuatan SKCK.

Loket Pelayanan SKCK buka mulai hari Senin - Jumat pada jam 08.30-15.00, dengan waktu istirahat jam 12.00 – 13.00 (loket pelayanan tutup pada waktu istrirahat).

Datang pada loket pelayanan, sampaikan maksud dan tujuan pembuatan SKCK, serahkan persyaratan, kemudian anda akan diberikan blanko yang harus diisi mengenai informasi pribadi dan pernyataan tidak pernah melakukan tindak kejahatan.

Setelah blangko selesai diisi selanjutnya serahkan kepada petugas, lalu anda dapat melanjutkan proses sidik jari.

Dalam waktu kurang dari satu jam, petugas loket pembuatan SKCK akan memanggil nama pemohon dan menyerahkan SKCK asli, lalu lakukan foto copy sesuai keperluan untuk dilakukan legalisir SKCK.

Biaya Pembuatan SKCK

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), biaya pembuatan SKCK adalah sebesar Rp. 30.000,00 (tiga puluh ribu rupiah), sedangkan biaya pembuatan SKCK untuk Warga Negara Asing (WNA) adalah sebesar Rp 60.000,00 (enam puluh ribu rupiah).

Pembuatan SKCK di Polsek Pamulang

Sesuai kewenangan penerbitan SKCK, Polsek Pamulang hanya menerbitkan SKCK atas pemohon dengan alamat Domisili Kecamatan Pamulang sebagai kelengkapan dalam memenuhi persyaratan untuk menjadi calon pegawai pada lembaga/ perusahaan/badan swasta (karyawan Swasta), pencalonan kepala desa, pencalonan sekretaris desa, pindah alamat, atau melanjutkan sekolah.

Untuk syarat, biaya, dan tata cara pembuatan SKCK di Polsek Pamulang pada dasarnya sama sesuai yang diuraikan secara umum di atas. Silahkan datang langsung ke Kantor Polsek Pamulang yang berada di Jl. Surya Kencana No. 1 Kel. Pamulang Barat Kec. Pamulang Kota. Tangerang Selatan.

Peta Lokasi Polsek Pamulang :

Tips
Datang lebih awal dan hindari jam istirahat, bawalah alat tulis bolpoin dengan tinta hitam, siapkan uang pas untuk lakukan pembayaran, jika dimungkinkan bawa tisu basah untuk menghapus tinta bekas sidik jari pada tangan, dan lakukan foto copy SKCK untuk legalisir.

Syarat, biaya, dan cara membuat SKCK di Polsek Pamulang - Polres Tangerang Selatan
  1. Bisa gak pak pakai sistem SKCK Online ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sepengetahuanku pada tingkat Polsek, belum bisa deh ... 😉

      Delete
  2. Hari Sabtu buka tidak ya untuk layanan SKCK?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SKCK hari sabtu tutup, karena berhubungan dengan penyetoran uang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)yang harus disetorkan pada setiap harinya ke Bank.

      Delete
  3. persayaratan pembuatan skck di polsek pamulang harus pakai surat pengantar RT/RW tidak ya? saya lihat di persayaratannya tidak ada. Rencana saya mau membuuat skck di polsek pamulang. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembuatan SKCK tidak memerlukan persyaratan pengantar dari RT/RW

      Delete
  4. Terimakasih, infonya sangat lengkap dan jelas, besok saya langsung buat SKCK di Polsek Pamulang krena sy warga Benda Baru Kec. Pamulang

    ReplyDelete
  5. Kalo tanggal merah buka ngga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanggal merah tutup sesuai jam oprasional Bank ya kak ..

      Delete
  6. KTP Saya KTP daerah (sumut), saya berdomisili di daerah serua indah kalau ngurus skck di polsek pamulang bisa gk?
    Beserta surat domisili dari rt/rw untuk membuat skck?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengetahuan saya tidak bisa, tetapi tidak ada salahnya bawa surat keterangan domisili dan langsung ketemu petugas SKCK nya.

      Delete
    2. Bisa asal minta surat domisi

      Delete
  7. Saya kan ga punya akte lahir kira2 bisa ga ya bikin skck

    ReplyDelete
  8. Saya mau bikin skck tapi gak punya akte lahir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa tanda kenal lahir, atau FC Ijazah ...

      Delete
  9. Kalau Ktp tangsel buat ke polsek perlu ga ya surat dr rw atau rw soalnya tahun 2016 saya buat skck di polsek dkat uin diminta surat dr rt rt padahal ktp saya kan tangsel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu pengantar RT dan RW untuk keperluan pengurusan SKCK

      Delete
  10. Pak mau tanya, apakah sabtu polsek pamulang buka untuk buat skck? Kalau buka dari jam berapa sampai berapa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SKCK hari sabtu tutup, karena berhubungan dengan penyetoran uang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)yang harus disetorkan pada setiap harinya ke Bank.

      Delete
  11. Kenapa berkas ak di kembalikan ya padahal uda ad surat keterangan rt tapi ga ada surat domosilinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanyakan langsung kepada petugas SKCK nya, apa yang menjadi penyebab berkas dikembalikan ... tidak perlu ragu unutk bertanya,.

      Delete
  12. Kenapa bisa ga ya bikin skck ktp ku banten bikin di pamulang tapi adanya surat pengantar dari rt tapi ga ada domisilinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan KTP identitas tempat tinggal,.

      Delete
  13. Saya mau perpanjang skck saya, persyaratannya apa saja ya yg harus dilengkapi dan terkena biaya berapa ?

    ReplyDelete
  14. Untuk hari Jumat buka sampe jamberapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai jam 14.30 WIB, tetapi istirahat / tutup waktu sholat jum'at

      Delete
  15. Akte lahir ngga ada,ijazah sudah hilang.apakah bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijazah apakah hilang semuanya (dari SD, SMP, SMA) ....

      Delete